SABLON MANUAL VS SABLON DIGITAL

Teknologi sablon yang terus berkembang, telah memberikan kita tiga cara untuk sablon kaos, yaitu sablon manual, sablon digital, DTG. Untuk kebutuhan kaos promosi yang menuntut kecepatan produksi dengan harga murah, menggunakan metode sablon manual adalah satu satu nya cara yang terbaik. Berikut adalah perbandingan 3 metode sablon tersebut.

Sablon kaos manual adalah cara sablon kaos yang paling konvensional dan merupakan sebuah standar produksi sablon kaos dari dulu bahkan sampai sekarang. Sablon manual memerlukan proses film, afdruk, screen, cat sablon, dan berbagai tahap produksi yang melibatkan banyak orang dengan keterampilan masing masing.


Kelebihan sablon manual:
• Hasil dan kualitas sablon adalah yang terbaik! paling awet jika kita bandingkan dengan metode sablon lainnya
• Untuk jumlah pesanan besar, sablon manual bisa memberikan hasil kecepatan dan biaya yang lebih rendah
• Hasil efek sablon yang beraneka ragam seperti discharge, puff, foaming, high density yang hanya bisa dilakukan dengan sablon manual

Kelemahan sablon manual:
• Tidak cocok untuk jumlah pesanan kecil, karena akan memberikan dampak biaya yang lebih besar dibandingkan dengan sablon digital, dan DTG



Sablon kaos digital mempunyai prinsip kerja yang lebih sederhana, semua proses produksinya bisa dikerjakan hanya dengan 1-2 orang. Alat yang dibutuhkan hanya komputer, printer khusus, mesin potong, dan mesin heat press.

Kelebihan sablon digital:
• Untuk pesanan satuan atau jumlah kecil, waktu produksi cukup cepat dan biaya produksi yang masih bisa diterima pasar

Kelemahan sablon digital:
• Hasil sablon biasanya kaku dan tidak lembut untuk bahan katun
• Hanya cocok diaplikasikan ke bahan warna putih apabila bahan polyester
• Tidak bisa memberikan efek sablon yang beraneka ragam seperti sablon manual


DTG – Direct to Garment adalah sebuah mesin sablon dengan teknologi terbaru yang proses produksinya paling sederhana dibandingkan dengan 2 cara sablon sebelumnya. Alat yang diperlukan hanya mesin DTG itu sendiri dengan operator 1 orang saja. Mesin DTG yang ada di pasaran sangat beraneka ragam dari sisi harga dan teknologi.
Menurut informasi terakhir, Mesin DTG yang paling mutakhir adalah mesin DTG dari luar negeri seperti merek KORNIT. Karena perkembangan mesin DTG yang masih terus berkembang, penulis belum bisa memberikan kesimpulan absolut terhadap kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan sablon manual dan sablon digital. Tapi satu yang pasti, kecepatan dan biaya produksi DTG belum bisa menandingi sablon manual.